ilmu

Banyak orang mencari Ilmu dan banyak pula yang katanya mempunyai Ilmu, sebelum mencari Ilmu kita harus paham, Ilmu itu apa? Dan dimana ilmu itu berada?

Ilmu pada intinya dibagi dua, yaitu:

Ilmu Teknis (Teknos )
Ilmu Non Teknis

Ilmu Teknis adalah Ilmu Pengetahuan yang mengatur semua benda yang ada didunia (secara lahiriah) dan saat ini telah terbagi menjadi berbagai disiplin Ilmu, sedangkan Ilmu Non Teknis mengatur kehidupan Makluknya terutama Manusia ( secara batiniah ).

Karena Ilmu Teknik telah banyak dibahas diberbagai disiplin Ilmu, tentang Ilmu Non Teknis khususnya Ilmu yang menata kehidupan Manusia / umat sejak lahir hingga meninggal dunia yang telah diwariskan oleh para Leluhur Jawa

Ilmu itu artinya Dunung ( pada Hakekatnya ), agar Dunung dibutuhkan pengerten atau pemahaman dan Pengertian membutuhkan Guru yang Mengerti.

“ Bila sudah mempunyai Ilmu membutuhkan Laku. Laku membutuhkan sarana. Ilmu tanpa sarana sama dengan makan tanpa ada yang dimakan, sama dengan ORANG BUTA. Oleh karenanya Banyak Umat yang menjadi Buta Pemahamannya.”

Dimanakah Ilmu Itu Ada?

Ilmu kehidupan ADA dan BERADA di RAGA dan JIWAMU, dari bahasa “NGELMU “ Nyengel nang awakmu, Polah Gerak, Nama dan sifat Ragamu ( ANATOMI TUBUH ). “ PAHAM DAN KENALI, RAGA DAN SIFATMU AGAR TAHU SIAPAKAH TUHANMU”

Sebelum mempelajari Ilmu dan mengenal lebih jauh dan mendalam, kita harus banyak mengenal hukum dan peraturan, seperti dalam agama Islam.

Hukum dan peraturan dalam agama Islam pada pokoknya ada dua bagian yaitu diperintah dan dilarang. Namun diantara hukum dan peraturan itu ada hukum yang statusnya berada diantara yang diperintah dan dilarang. Untuk menjalankan suatu perintah dan larangan itu kita harus mengerti dan mengetahui tujuannya. Kena apa kita diperintah dan untuk apa kita diperintah.

Didalam perintah dan larangan mengandung suatu tujuan. Untuk mencapai tujuan yang diharap anda harus menjalankan sesuai dengan dasarnya dan yang telah ditentukan.

Didalam mempelajari Ilmu yang akan disampaikan seperti Ilmu Kalam tidak ada suatu perintah yang ditentukan, namun sebagai dasar kita memakai sabda beliau Nabi Muhammad SAW:

“ TOLABUL ILMI FARIDOTUN ALA KULLI MINAL MUSLIMIN WAL MUSLIMAT”

Artinya: Menuntut Ilmu wajib bagi orang Islam laki-laki dan perempuan

Dalam sabdanya ( Hadist ) peranan Ilmu sangatlah penting, sehingga beliau mengeluarkan sabda, dan banyak lagi perintah yang menganjurkan untuk mencari Ilmu. Bahkan dalam kitab lain diterangkan, amal ibadah tanpa mengerti ilmunya tidak akan diterima disisi Allah.

Jadi peranan Ilmu sangat penting untuk melakukan suatu Ibadah, sedangkan Ilmu Kalam adalah Suatu bagian dari unsur Alqur’an dan menjadi sifatnya Allah, sehingga banyak manusia yang tidak mengerti dan tidak mengetahuinya karena kalam berada dalam posisi status yang menyuruh atau Tuhan ( ALLAH ). Artinya mempelajari Ilmu Kalam untuk merapatkan kita kepada yang membuat perintah ibadah yaitu Allah SWT.

Bisa diartikan yang mempelajari dan yang menjalankan Ilmu Kalam adalah orang-orang tertentu atau orang-orang berfikir.

PENGUKUHAN / BIATAN

Beberapa perguruan menggunakan metoda Pengukuhan atau Pembiatan.

Pengukuhan atau Pembiatan adalah suatu sistim atau cara yang dipakai untuk memasukkan suatu Ilmu atau pengertian. pembiatan ini dilakukan menurut tradisi dan kebiasaan masing-masing. Dalam pembiatan ini banyak unsur yang dimasukkan oleh pihak pembiat, seperti unsur diwajibkannya suatu ajaran tertentu atau juga aturan yang tidak boleh ditinggalkan.

Bisa diartikan orang yang dibaiat telah disumpah untuk melakukan suatu program yang diajarkan, sistim penyumpahan ini banyak dipakai dari golongan orang yang menjalankan aktifitas ketuhanan atau ketauhidtan yang disebut ahli TARIQQOH.

Terdapat perguruan dalam pembaiatan tidak menerapkan sistim penyumpahan atau mewajibkan suatu ajaran, yang di ajarkan adalah sistim kesadaran dan pengertian, karena dengan sistim ini kita melakukan suatu ajaran kita dengan ringan dan tidak terpaksa dan tidak ada paksaan dari sisi manapun. Sehingga dilakukana dengan ihklas dan yang melakukan ajaran ini karena merasa sebagai kebutuhan diri sendiri, akan tetapi sistim ini ada mempunyai sisi lain yang kurang baik, yaitu orang akan tidak menjadi konsekuensi yang kuat, kecuali bagi mereka yang sangat membutuhkannya.

Untuk dapat memberikan gambaran

– Ilmu Pengenalan Diri: … Dan siapa yang mengerti dirinya akan tahu Tuhannya

– Ilmu Kalam: Yang mengajarkan dengan Pena ( Al Alaq ayt 4 )

– Ilmu Rogo Sukmo

– Ilmu Tasawuf

– Ilmu sangkan Paraning Dumadi

– Sifat 20

– Proses Perjalanan setelah Mati Rogo

– Sholat Wajib

– Sifat Papat

– Ilmu Noto Rogo

– Ilmu Petung

– Penanggalan Tritunggak

– Ilmu petung Pencari hari kelahiran

– Ilmu Petung Pernikahan

– Ilmu Sam Iyat

– Kitab Sapune Jagat

– Pilah Pilih Jodoh

– Ilmu Noto Menungso

– Noto Weton Pribadi

– Dan lain-lain Masih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s